Madu, Manis Menyehatkan

Kesehatan PEMANIS alami yang menyehatkan, itulah madu. Madu berasal dari sari bunga atau nektar yang dikumpulkan, diubah dan diikat dengan senyawa-senyawa tertentu oleh lebah. Komposisi gizi, dan aroma khas madu tergantung pada sumber nektar, sifat tanah di mana tanaman sumber nektar tumbuh, cuaca, derajat pemasakan dan cara ekstraksi. Pada umumnya, madu mengandung vitamin B dan C, serta sejumlah senyawa antioksidan, seperti chrysin, pinobanksin, katalase, dan pinocembrin. Karenanya, asupan madu baik untuk meningkatkan kinerja sistem pencernaan dan menyehatkan tubuh.

Madu juga kaya kandungan mineral kalium yang baik untuk mengatur tekanan darah, mencegah stres, dan memperkuat otot. Selain itu, madu mengandung 38,2% fruktosa; 31,3% glukosa; 7,1% maltosa; 1,3% sukrosa; dan 17,2% air. Melimpahnya kandungan gula menjadikan madu penambah energi, sekaligus pengatur kadar gula darah yang efektif.

Manfaatnya pun cepat dirasakan. Hanya perlu 7 menit untuk kombinasi fruktosa dan glukosa dalam madu berdifusi ke dalam aliran darah. Minum madu yang dicampur air setiap hari baik untuk kesehatan saluran pencernaan. Senyawa hydrogen peroksida pada larutan madu mampu membunuh bakteri, virus dan patogen pada mulut, lambung, hingga usus.

Beragam manfaat madu, banyak didengungkan, bahkan sebelum dipastikan melalui penelitian ilmiah. Di India, madu telah digunakan selama 4.000 tahun untuk meningkatkan penglihatan, menurunkan berat badan, menyembuhkan impotensi, gangguan saluran kencing, asma bronkial, diare, dan mual.

Madu disebut sebagai “Yogavahi” karena mampu menembus jaringan terdalam tubuh. Ia meningkatkan kualitas obat yang dikonsumsi. Pengaplikasian madu pada kulit juga memberi sejumlah manfaat, seperti mencegah infeksi pada luka dan menyembuhkan jerawat. Madu aman bagi kulit karena tingkat keasamannya (PH) yang sangat mirip dengan tingkat PH kulit. Asam amino dalam madu juga mampu mempertahankan kelembaban kulit dan bibir, serta meningkatkan sirkulasi darah.(sumber)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s